Malpraktek Kebidanan Tindakan Ilegal

Malpraktek kebidanan merupakan suatu tindakan yang berada diluar wewenang seorang bidan. Malpraktek kebidanan ini dapat menjerat bidan yang melakukannya ke dalam ranah hukum. Seorang bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan sesuai dengan wewenangnya bagi seorang bidan. Namun kadang kala terdapat bidan yang menyalahi aturan dalam menjalankan praktik sebagai seorang bidan. Malpraktek kebidanan dapat dilakukan oleh seorang bidan yang tidak tahu akan batas wewenangnya ataupun yang sudah mengetahui wewenangnya, tetapi dengan sengaja melanggar wewenang tersebut.

Apabila malpraktek kebidanan ini terjadi, maka bidan yang melakukan malpraktek tersebut dapat terjerat hukum dan dijatuhi hukuman sesuai dengan berat ringannya tindakan malpraktek yang telah dilakukan. Misalnya saja terdapat seorang bidan yang melakukan tindakan di luar wewenangnya seperti melakukan aborsi. Aborsi merupakan tindakan menggugurkan kandungan dan hal tersebut merupakan tindakan malpraktek kebidanan. Apabila terjadi, bidan tersebut akan didenda, bahkan dijatuhi hukuman berupa kurungan atau penjara dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, bidan tersebut dapat dicabut surat izinnya sebagai bidan.



malpraktek kebidanan
Alat Kebidanan Gunting Tali Pusat



Tentunya hal ini harus diperhatikan oleh para bidan dengan saksama. Bidan harus mengetahui batas wewenangnya. Jangan sampai tindakan yang tidak termasuk ke dalam wewenang bidan di lakukan oleh bidan.

Bidan harus mengetahui batasan wewenangnya dalam memberikan pelayanan kebidanan. Jangan sampai bidan melakukan tindakan malpraktek terlebih lagi tindakan malpraktek yang dapat merugikan klien atau pasien sehingga bidan harus hati-hati dalam memberikan pelayanan pada klien atau pasien. Apalagi klien atau pasien bidan sekarang telah memiliki pengetahuan yang luas sehingga mereka paham terhadap tindakan yang diberikan pada diri mereka dan apabila terjadi hal dan merugikan klien atau pasien akibat tindakan yang bidan berikan, maka klien tersebut akan sangat mudah untuk menuntut pertanggungjawaban terhadap tindakan yang telah diberikan.

Oleh karena itu, seorang bidan harus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam melakukan praktik kebidanan. Hal ini akan membuat bidan semakin mengetahui batasan wewenangnya. Apabila terdapat tindakan diluar wewenang bidan, maka sebaiknya bidan tersebut melakukan kolaborasi ataupun melakukan rujukan kepada fasilitas kesehatan lainnya yang lebih tinggi.

Misalnya pada saat menolong persalinan terdapat robekan perineum derajat 4. Maka tindakan yang paling tepat dilakukan adalah tindakan rujukan ke fasilitas yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan bidan tidak berwenang untuk melakukan penjahitan perineum derajat 4.

Tindakan rujukan akan sangat efektif apabila rujukan dilakukan pada saat klien tersebut dalam keadaan masih tergolong baik. Apabila melakukan rujukan pada saat keadaan klien buruk, maka akan sangat kecil kemungkinan klien atau pasien tersebut dapat diselamatkan.

Hukuman Malpraktek Kebidanan

Hukuman untuk bidan yang melakukan malpraktek kebidanan, disesuaikan dengan berat ringannya tindakan malpraktek kebidanan yang telah dilakukan. Bidan yang melakukan malpraktek kebidanan dapat dijatuhi hukuman berupa kurungan atau penjara, denda, bahkan sampai pada hukuman dicabut izinnya sebagai bidan.

Sanksi atau hukuman dapat diberikan kepada bidan yang melakukan pelanggaran diberikan oleh hakim ataupun organisasi profesi. Hukuman yang dijatuhkan pada bidan yang melakukan pelanggaran melalui hakim dapat berupa kurungan atau denda, sedangkan pencabutan izin praktik bidan biasanya dilakukan oleh organisasi profesi.

Malpraktek tidak hanya dapat dilakukan oleh bidan saja, petugas kesehatan lainnya seperti dokter, perawat, dan lain-lain dapat terjerat dalam kasus malpraktek juga apabila terbukti melakukan tindakan diluar wewenangnya. Hukuman yang dijatuhkan pun hampir sama seperti hukuman pada bidan yang melakukan tindakan malpraktek.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: berbagai sumber


space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :