Pengertian Bidan Desa atau Bidan PTT

Pengertian bidan desa diartikan sebagai bidan yang di tempatkan di suatu desa untuk bertanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan di desa tersebut, khususnya dalam bidang kesehatan ibu dan anak. Bidan desa itu sendiri merupakan bidan lulusan diploma III kebidanan. Pada umumnya tugas bidan desa hampir sama dengan tugas bidan lainnya. Namun, untuk bidan desa lebih ditekankan pada kegiatan komunitas kebidanan. Pengertian bidan desa lainnya menyebutkan bahwa bidan yang di tempatkan pada suatu desa dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan kesehatan ibu dan anak. Desa yang ditempati oleh bidan desa umumnya merupakan desa yang termasuk dalam desa yang memiliki keterbatasan akses terhadap pelayanan kesehatan.

Pengertian bidan desa lainnya menyebutkan bahwa bidan desa merupakan bidan yang berstatus pegawai tidak tetap atau bidan pegawai negeri sipil yang diberi tanggung jawab untuk menangani atau memberi pelayanan kebidanan pada desa tersebut. Umumnya jumlah bidan desa yang ada di setiap desa ialah 1 orang. Namun pada kenyataannya, tidak semua bidan desa terdapat di setiap desa. Hanya desa tertentu yang memiliki keterbatasan akses terhadap pelayanan kesehatan terdapat bidan desa.



pengertian bidan desa
Alat Kebidanan Gunting Tali Pusat


Pengertian Bidan Desa PTT

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa bidan desa dapat berasal dari pegawai tidak tetap atau pegawai negeri sipil. Pengertian bidan desa PTT ialah bidan yang berstatus pegawai tidak tetap yang diberi tanggung jawab terhadap sebuah desa terutama dalam bidang kesehatan ibu dan anak. Bidan desa PTT dapat saja menjadi bidan PNS. Cara menjadi bidan PNS dari bidan PTT ialah harus memenuhi syarat tertentu. Misalnya saja bidan desa PTT tersebut telah menjadi bidan PTT selama kurang lebih 9 tahun. Kemudian bidan desa PTT tersebut telah lulus mengikuti ujian tes CPNS yang berasal dari bidan PTT. Setelah melalui itu semua, barulah bidan PTT tersebut dapat diangkat menjadi bidan CPNS. Setelah menjadi bidan CPNS dalam kurun waktu tertentu, bidan tersebut akan mengikuti diklat prajabatan lalu diangkat menjadi bidan PNS.

Pengertian bidan desa PTT dapat juga diartikan sebagai bidan yang diangkat oleh pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat sebagai pegawai tidak tetap yang di tempatkan di suatu desa guna memberikan pelayanan kebidanan. Desa yang ditempati oleh bidan desa PTT tersebut biasanya merupakan desa yang kurang memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan sehingga untuk menanggulangi hal tersebut ditempatkan bidan desa PTT.

Banyak sekali bidan yang berminat menjadi bidan desa PTT. Namun, pada masa sekarang ini pembukaan atau penerimaan menjadi bidan desa PTT belum ada pembukaan lagi. Terlebih lagi untuk bidan PTT di pulau Jawa, sedangkan untuk di luar pulau jawa biasanya pemerintah daerahnya sering mengadakan penerimaan bidan desa PTT. Di luar pulau Jawa bidan desa PTT masih sangat banyak dibutuhkan. Hal ini karena tenaga kesehatan bidan masih kurang untuk di luar pulau Jawa sedangkan untuk di pulau Jawa telah banyak orang yang berprofesi bidan.

Bidan desa PTT yang ditempatkan di luar pulau Jawa biasanya ditempatkan di daerah terpencil. Daerah tersebut memiliki akses yang kurang terhadap pelayanan kesehatan, bahkan tempat tersebut jauh dari puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan primer yang seharusnya berada dekat di masyarakat. Untuk mengatasi ini, pemerintah daerah di luar pulau Jawa melaksanakan program penerimaan bidan desa PTT untuk di tempatkan di daerah tersebut.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: berbagai sumber


space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :