Bidan Delima Adalah Bidan Terakreditasi

Bidan delima adalah suatu sebutan bagi bidan yang telah memberikan pelayanan atau asuhan kebidanan yang berkualitas. Seorang bidan delima pada dasarnya merupakan bidan praktik mandiri atau BPM yang telah memenuhi kualifikasi sebagai bidan delima. Bidan delima tidak hanya mencakup pelayanan yang berkualitas saja, melainkan sarana dan prasarananya pun telah memenuhi standar yang telah ditentukan. Bidan delima adalah terobosan terkini dan strategis yang diusung oleh organisasi profesi bidan atau IBI (Ikatan Bidan Indonesia).

Bidan delima ini mencakup pembinaan terhadap peningkatan kualitad dari pelayanan bidan dalam bidang KB (keluarga berencana) dan kespro (kesehatan reproduksi); merek dagang atau brand; bidan yang memiliki standar kualitas, khusus, unggul bernilai tambah, lengkap dan miliki hak paten; rekrutmen terhadap bidan delima itu sendiri dapat ditetapkan dengan sistem, kriteria, serta prose baku yang harus dilalui secara konsisten serta berkesinambungan; mengaut pada suatu prinsip yaitu pengembangan diri (self development) serta semangat tumbuh bersama melalui dorongan yang berasal dari diri sendiri, serta mempertahankan dan meningkatkan kualitas yang dapat memuaskan klien beserta keluarganya; jaringan yang luas mencakup seluruh bidan praktik mandiri yang memberikan pelayanan keluarga berencana serta kesehatan reproduksi.



bidan delima adalah

Alat Kebidanan Gunting Tali Pusat



Bidan delima adalah bidan yang berkualitas. Bidan delima melambangkan pelayanan yang berkualitas khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan reproduksi dan keluarga berencana. Pelayanan yang diberikan oleh bidan delima berlandaskan pada sopan santun, ramah tamah, kasih sayang, terjangkau, sentuhan yang manusiawi, dan tindakan kebidanan yang dilakukan sesuai dengan standar dan kode etik profesi bidan.

Logo atau merek dari bidan delima menandakan bidan praktik mandiri atau BPM tersebut telah memberikan pelayanan yang berkualitas dan telah diuji atau diakreditasi sesuai dengan standar yang berlaku. Selain itu, logo bidan delima juga menggambarkan bahwa pelayanan yang diberikan berorientasi terhadap kebutuhan dan kepuasan dari kliennya.

Adanya program bidan delima ini memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan pelayanan yang berkualitas pada masyarakat, meningkatkan profesional dari bidan. Mengembangkan kepemimpinan dari bidan, meningkatkan cakupan pelayanan yang diberikan oleh bidan khususnya dalam pelayanan kesehatan reproduksi dan keluarga berencana, dan menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu, bayi dan anak. Tujuan utama dari diadakannya bidan delima ialah harapan dapat menurunkan angka kematian ibu, bayi dan anak serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama kaum perempuan yang bertindak sebagai mitra bidan atau penerima asuhan dari bidan.

Logo Bidan Delima Adalah Bidan, Delima, Merah, Hitam, dan Hati

Logo bidan delima adalah bidan, delima, merah, hitam, dan hati. Logo bidan ini menggambarkan seorang petugas kesehatan yang memberi pelayanan berkualitas, aman serta nyaman, ramah serta tamah, terjangkau dalam bidang kesehatan reproduksi, keluarga berencana dan kesehatan umum dasar yang diberikan selama 24 jam. Logo delima diibaratkan sebagai buah delima yang terkenal sebagai buah yang cantik, indah, berisikan biji serta cairan yang manis, dan melambangkan kesuburan dari sistem reproduksi. Logo merah menggambarkan warna keberanian untuk menghadapi segala tantangan serta sebagai lambang dari pengambilan keputusan yang cepat, tepat guna membantu masyarakat khususnya kaum perempuan. Logo hitam menggambarkan warna yang memiliki ketegasan serta kesetiaan terhadap pelayanan kaum perempuan yaitu ibu dan anak tanpa membeda-bedakan , sedangkan logo hati menggambarkan pelayanan bidan yang bersifat manusiawi serta penuh kasih sayang khususnya asuhan sayang ibu dan asuhan sayang bayi yang diterapkan pada semua tindakan atau pelayanan kebidanan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: bidandelima.wordpress.com


space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :