Cara Menjadi Bidan (Bidan Delima)

Cara menjadi bidan dapat dilakukan dengan menempuh pendidikan diploma III kebidanan terlebih dahulu. Cara menjadi bidan tidaklah mudah karena harus menempuh pendidikan diploma III selama kurang lebih 3 tahun, selama masa ini terdapat berbagai rintangan yang dapat menghambat kita menjadi   seorang bidan. Apabila kita sanggup dan mampu menghadapi tantangan tersebut, maka keinginan menjadi seorang bidan pun akan dapat dengan mudah untuk dilalui. Bidan sendiri merupakan suatu profesi dalam bidang kesehatan ibu dan anak. Terkadang masyarakat umum hanya mengetahui bahwa bidan itu merupakan petugas kesehatan yang bertugas untuk menolong persalinan saja.

Sebenarnya bidan tidak hanya bertugas untuk menolong persalinan saja. Bidan juga mempunyai tugas lainnya. Seperti meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Selain itu, bidan juga mempunyai tugas dalam mencatat laporan yang berkaitan dengan perkembangan kesehatan ibu dan anak. Bidan juga berkontribusi besar dalam menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi sebagai indikator dalam menilai status atau derajat kesehatan masyarakat.



cara menjadi bidan

Alat Kebidanan Setengah Kocher


Cara Menjadi Bidan Delima

Bidan delima merupakan pelayanan bidan yang diberikan secara berkualitas. Cara menjadi bidan delima relatif cukup mudah. Cara menjadi bidan delima dilakukan dengan cara terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai anggota organisasi IBI. Selain itu, bidan yang ingin menjadi bidan delima ialah bidan praktik mandiri yang telah memiliki SIPB atau telah membuka praktik mandiri selama 2 tahun. Barulah bidan tersebut dapat mendaftarkan diri menjadi  bidan delima.

Bidan yang ingin menjadi bidan delima melakukan verifikasi terhadap syarat-syarat menjadi   bidan delima. Kemudian dari pengurus IBI cabang melakukan validasi terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki oleh bidan tersebut. Apabila sarana dan prasarana telah memenuhi standar menjadi bidan delima, maka selanjutnya pengurus IBI cabang melakukan validasi terhadap pelayanan kebidanan yang diberikan oleh bidan tersebut.//   Apabila semuanya telah memenuhi persyaratan menjadi  bidan delima, maka bidan tersebut dapat menjadi bidan delima. Perbedaan tanda bidan delima dengan BPM lainnya ialah dibawah plang BPM terdapat plang logo bidan delima. BPM yang telah menjadi bidan delima dituntut harus dapat memberikan pelayanan yang prima dan berkualitas sehingga siapa pun yang datang ke BPM akan mendapatkan pelayanan kebidanan dan merasa puas.

Bidan yang telah memiliki izin praktik pada dasarnya harus memberikan pelayanan kebidanan yang prima dan berkualitas. Hal tersebut ditandai dengan menjadi bidan delima. Apabila bidan yang membuka praktik mandiri telah menjadi bidan delima, maka bidan tersebut telah diakui menjadi bidan yang memberikan pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Bidan delima harus senantiasa mempertahankan kualitas pelayanan yang diberikan pada klien atau pasien. Bidan delima juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada pasiennyasehingga pasien akan merasa puas apabila dilayani oleh bidan delima. Kepuasan pasienlah yang dapat membuat pasien tersebut kembali lagi berkunjung pada bidan delima untuk mendapatkan pelayanan kebidanan.

Pada kenyataannya belum semua bidan yang membuka praktik mandiri menjadi bidan delima. Tujuan pemerintah ke depannya mengharapkan semua bidan yang membuka praktik mandiri dapat menjadi bidan delima sehingga suatu saat nanti, semua bidan di Indonesia memberikan pelayanan yang berkualitas pada pasiennya dan semua pelayanan kebidanan yang diberikan oleh bidan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: berbagai sumber


space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :