Peran dan Fungsi Bidan di Rumah Bersalin

Peran dan fungsi bidan menjadi suatu hal yang patut diketahui oleh para bidan. Sebab dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, seorang bidan tidak terlepas dari peran dan fungsi bidan. Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan yang bergerak dalam bidan kesehatan ibu dan anak, secara umum memiliki peran dan fungsi sebagai pelaksana, pengelola, pendidik dan peneliti. Peran dan fungsinya tersebut disesuaikan juga dengan tempat bidan tersebut berada. Misalnya saja peran dan fungsi bidan di rumah sakit tentu akan terdapat sedikit perbedaan dengan peran dan fungsi bidan di BPM.

Sebagai seorang pelaksana, bidan dituntut untuk dapat menjalankan tugasnya dalam 3 kategori yaitu tugas yang dilakukan secara mandiri, kolaborasi dan rujukan. Tugas yang dilakukan secara mandiri sebagai bidan pelaksana di antaranya harus dapat menetapkan manajemen kebidanan pada setiap asuhan, memberikan pelayanan dasar pra nikah, memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil, ibu bersalin bayi baru lahir, ibu dalam masa nifas, wanita usia subur dan wanita yang memiliki gangguan sistem reproduksi.



peran dan fungsi bidan

Alat Kebidanan Setengah Kocher


Tugas yang dilakukan secara kolaborasi di antaranya memberikan asuhan kebidanan sesuai dengan fungsi kolaborasi bidan dengan melibatkan klien dan keluarga. Selain itu, tugas yang dilakukan secara kolaborasi ini juga pada umumnya merupakan pemberian asuhan kebidanan yang masih dalam wewenang bidan. Namun, memerlukan kolaborasi dengan petugas kesehatan lainnya seperti memberikan asuhan pada ibu hamil yang memiliki risiko tinggi.

Tugas yang dilakukan sebagai bidan pelaksana merupakan suatu tindakan yang dilakukan bidan untuk merujuk pasien pada pelayanan kesehatan yang lebih tinggi atau sebaliknya bidan memperoleh rujukan dari pelayanan yang lebih rendah seperti bidan menerima rujukan dari paraji.

Selain sebagai seorang pelaksana, peran dan fungsi bidan lainnya ialah sebagai seorang pengelola. Sebagai seorang pengelola, bidan memiliki peran untuk mengembangkan pelayanan dasar kesehatan dan untuk berpartisipasi dalam suatu tim. Selain sebagai seorang pelaksana dan pengelola, peran dan fungsi bidan lainnya ialah sebagai seorang pendidik. Sebagai seorang pendidik, bidan memiliki peran untuk mendidik dan memberikan penyuluhan kesehatan bagi klien serta berperan sebagai pelatih dan pembimbing kader.

Peran dan fungsi bidan yang terakhir ialah sebagai peneliti. Sebagai seorang peneliti, bidan dituntut untuk dapat melakukan penelitian terutama penelitian terapan dalam bidang kebidanan baik yang dilakukan secara mandiri maupun berkelompok. Bidan sebagai peneliti melakukan penelitian dengan melalui tahapan berupa pengidentifikasian kebutuhan penelitian, penyusunan rencana kerja, pelaksanaan penelitian, pengolahan dan interpretasi data, penyusunan laporan hasil penelitian dan tindak lanjut, pemanfaatan hasil penelitian untuk meningkatkan serta mengembangkan pelayanan kesehatan.

Peran dan Fungsi Bidan di Rumah Bersalin

Rumah bersalin merupakan salah satu tempat yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan khususnya dalam bidang kebidanan. Di rumah bersalin, harus terdapat petugas kesehatan yaitu bidan karena di rumah bersalin ini terdapat peran dan fungsi yang dapat dilakukan seorang bidan yaitu melayani pelayanan kebidanan bagi wanita hamil, bersalin, dan masa nifas fisiologis serta termasuk pelayanan KB dan perawatan pada bayi baru lahir.  Peran dan fungsi bidan di rumah bersalin pada umumnya tidak berbeda jauh dengan peran dan fungsi bidan di BPM. Peran dan fungsi bidan di rumah bersalin dapat meliputi pelaksana, pengelola, pendidik dan peneliti yang dapat dilakukan secara mandiri, kolaborasi dan rujukan. Namun, pada kenyataannya terdapat sedikit perbedaan antara bidan BPM dan bidan di RB, yakni bidan di RB dapat melakukan tugas kolaborasi secara langsung karena biasanya di rumah bersalin terdapat tenaga kesehatan lainnya seperti, perawat, laboran, dokter umum dan dokter kandungan sehingga tugas kolaborasi bidan dapat dilakukan secara langsung.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: infobidannia.wordpress.com


space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :