Tes Masuk Bidan Lewat Jalur Umum

Tes masuk bidan menjadi suatu hal yang perlu Anda ketahui bila Anda memang berminat melanjutkan pendidikan ke Diploma III kebidanan. Tes masuk bidan diselenggarakan oleh setiap institusi pendidikan kebidanan menyelenggarakannya dengan cara yang berbeda. Namun pada umumnya institusi kebidanan mengadakan tes masuk kebidanan melalui beberapa jalur dan dibagi menjadi beberapa gelombang. Jalur tes yang paling banyak diikuti ialah jalur umum. Pada jalur umum ini calon mahasiswa kebidanan harus mengikuti serangkaian tes. Apabila dalam setiap tes tersebut dinyatakan lulus, maka calon mahasiswa tersebut akan diterima menjadi mahasiswa di institusi kebidanan.



tes masuk kebidanan

Alat Kebidanan Setengah Kocher


Tes Masuk Bidan Jalur Umum

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tes masuk bidan salah satunya dapat melalui jalur umum. Jalur umum ini dibagi ke dalam beberapa gelombang. Biasanya dalam satu tahun institusi pendidikan kebidanan mengadakan penerimaan mahasiswa baru melalui 3 gelombang untuk jalur umum.

Setiap calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi lewat jalur umum ini harus memerhatikan batas waktu penerimaan mahasiswa melalui jalur umum untuk setiap gelombangnya. Selain itu, calon mahasiswa tersebut harus melengkapi berkas atau dokumen yang dijadikan sebagai syarat masuk ke institusi kebidanan.

Pada saat pembukaan penerimaan mahasiswa baru kebidanan, Anda harus mendaftarkan diri pada institusi kebidanan yang Anda minati. Anda mendaftarkan diri dengan membawa berkas-berkas atau dokumen yang telah diminta oleh pihak institusi pendidikan kebidanan. Biaya pendaftaran masuk ke kebidanan untuk setiap institusi berbeda-beda. Namun, pada umumnya untuk mendaftar masuk ke diploma III kebidanan, Anda harus membayar biaya pendaftaran berkisar antara 200 ribu rupiah sampai dengan 400 ribu rupiah. Biaya tersebut biasanya sudah termasuk dengan biaya untuk tes kesehatan calon mahasiswa baru.

Setelah Anda membayar biaya pendaftaran, selanjutnya Anda diminta untuk melengkapi data diri dan menyerahkan berkas dokumen pribadi sesuai dengan ketentuan institusi pendidikan kebidanan. Berkas dokumen yang diserahkan dapat meliputi fotokopi KTP, fotokopi ijazah, dan SKHUN atau juga dapat menggunakan surat keterangan lulus, pas foto, fotokopi sertifikat, dan sebagainya.

Untuk pelaksanaan tes masuk bidan, biasanya setiap institusi pendidikan kebidanan menerapkan waktu dan pola yang berbeda-beda. Ada yang menerapkan one day service, ada juga yang menerapkan tes masuk dilaksanakan per gelombang pada satu waktu. Untuk sistem one day service, biasanya hasil dari tes masuk bidan akan diketahui pada saat hari itu, sedangkan untuk sistem tes per gelombang biasanya hasil pengumuman tes akan di umumkan kemudian hari. Biasanya berjarak selang 1 minggu setelah pelaksanaan tes.

Tes masuk bidan yang biasanya harus Anda tempuh berawal dari tes tertulis, tes kesehatan dan wawancara. Tes tertulis ini juga terbagi lagi menjadi tes tentang pengetahuan dasar berupa tes bahasa Indonesia, tes bahasa Inggris, tes Matematika, dan IPA termasuk di dalamnya biologi, fisika dan kimia. Selain itu, dalam tes tertulis juga terdapat tes psikologi atau psikotes. Untuk tes kesehatan biasanya meliputi pemeriksaan fisik, pemeriksaan mata termasuk buta warna, dan pemeriksaan laboratorium.

Tes selanjutnya yang tidak kalah penting ialah tes wawancara. Dalam wawancara ini Anda nanti akan bertemu dengan pemangku jabatan di institusi kebidanan yang Anda minati. Biasanya yang akan mewawancarai Anda ialah ketua program studi kebidanan, direktur ataupun dosen tetap di institusi kebidanan. Pada saat wawancara usahakan Anda dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara. Selain itu, percaya dirilah ketika menjawab pertanyaan tersebut karena bisa dibilang di sinilah final atau penentu Anda diterima atau tidaknya sebagai mahasiswa baru di institusi kebidanan. Maka dari itu, persiapkanlah diri Anda sematang mungkin untuk mengikuti tes masuk bidan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: berbagai sumber


space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :