Syarat Masuk Kebidanan di Bandung

Syarat masuk kebidanan pada umumnya terdiri dari syarat fisik dan syarat administratif. Seorang calon mahasiswa kebidanan dituntut untuk memiliki kesehatan yang prima. Selain itu, seorang calon mahasiswa kebidanan juga dituntut untuk memiliki tinggi badan minimal 150 cm, bebas dari narkoba, bebas dari penyakit hepatitis B, dan sebagainya, sedangkan untuk syarat administrasi dapat berupa pengumpulan dokumen dan pembayaran administrasi pendaftaran. Setelah mendaftar agar dapat masuk ke institusi kebidanan yang diinginkan, seorang calon mahasiswa kebidanan harus lulus dari berbagai ujian atau tes. Tes yang dimaksud di antaranya ialah tes tertulis, tes kesehatan, dan tes wawancara.



syarat masuk kebidanan


Alat Kebidanan Partus Set


Syarat Masuk Kebidanan di Bandung

Bandung adalah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Bandung menjadi kota pusat pendidikan termasuk pendidikan kebidanan. Banyak sekali institusi kebidanan yang berada di kota Bandung. Institusi pendidikan kebidanan ada yang berstatus negeri ada pula yang berstatus swasta.

Pada umumnya syarat masuk kebidanan di Bandung, calon mahasiswa harus lulus mengikuti berbagai macam rangkaian tes. Seperti tes tertulis mengenai pengetahuan dasar IPA, tes psikologi atau psikotes, tes kesehatan dan tes wawancara. Apabila calon mahasiswa tersebut mengikuti serangkaian tes tersebut, maka mahasiswa tersebut mengikuti tes jalur umum. Selain jalur umum ada pula institusi pendidikan kebidanan yang mengadakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK atau penelusuran minat dan bakat. Pada jalur ini, calon mahasiswa baru akan secara otomatis diterima tanpa melalui tes terlebih dahulu. Namun untuk mengikuti jalur PMDK ini terdapat syarat lain yang harus dipenuhi yaitu nilai  Pada program ini ditujukan bagi siswa SMA yang memiliki kriteria seperti tidak memiliki nilai 50 dari semester 1 sampai dengan semester 5, memiliki nilai minimal 70 untuk semua mata pelajaran, dan syarat lain seperti syarat jalur umum. Pada jalur PMDP ini bagi calon mahasiswa kebidanan yang terseleksi dapat masuk akademi kebidanan tanpa melalui jalur tes tertulis terlebih dahulu.

Selain itu, pada jalur PMDP, mahasiswa tersebut dapat memperoleh biaya pendidikan yang lebih murah dari mahasiswa jalur umum, bahkan dapat memperoleh beasiswa. fotokopi KTP yang menunjukkan bahwa calon mahasiswa kebidanan  merupakan WNI, membayar sejumlah uang pendaftaran, memiliki tinggi badan minimal 150 cm, memiliki surat keterangan sehat dari dokter yang menyatakan sehat, tidak buta warna, hepatitis negatif, tes kehamilan negatif, dan terbebas dari cacat. Selain itu, calon mahasiswa kebidanan juga harus melampirkan dokumen berupa fotokopi ijazah dan SKHUN SMA atau surat keterangan lulus, pas foto dengan ukuran tertentu, dan surat pernyataan bersedia tidak hamil selama mengikuti masa pendidikan kebidanan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: dari berbagai sumber


space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :