Pengertian Bidan PTT dan Tugasnya

Pengertian bidan PTT diartikan sebagai seorang bidan yang berstatus pegawai tidak tetap. Penerimaan bidan PTT biasanya dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Pada pemerintah daerah kabupaten atau kota, bidan PTT disebut dengan bidan PTT kabupaten atau kota. Bidan PTT diangkat oleh pemerintah kabupaten atau kota ditempatkan di daerah tertentu yang termasuk wilayah kabupaten atau kota tersebut, sedangkan  untuk bidan PTT yang diangkat oleh pemerintah provinsi disebut dengan bidan PTT provinsi. Bidan PTT provinsi ditempatkan pada suatu daerah di wilayah provinsi tersebut.

Ada pula yang disebut dengan bidan PTT pusat. Bidan PTT pusat ini biasanya diangkat oleh pemerintah pusat yaitu oleh kementerian kesehatan. Bidan PTT pusat ditempatkan di daerah atau di berbagai provinsi sesuai dengan kebutuhan dari tiap daerah yang ada di Indonesia.


pengertian bidan
Alat Kebidanan Partus Set
    

Pengertian Bidan PTT dan Tugasnya

Pengertian bidan PTT diartikan sebagai bidan pegawai tidak tetap yang diangkat oleh pemerintah, baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Bidan PTT ini memiliki tugas sebagaimana halnya seorang bidan. Bidan PTT lebih berkecimpung dalam bidang kesehatan ibu dan anak serta KB. Hal tersebut merupakan pelayanan inti yang diberikan oleh seorang bidan.

Pengadaan bidan PTT memiliki tujuan tersendiri. Tujuan diadakannya bidan PTT ialah untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Sebagaimana kita ketahui bahwa angka kematian ibu dan bayi di Indonesia masih tergolong tinggi sehingga untuk menurunkan angka tersebut diperlukan tindakan atau langkah nyata dalam bidang kesehatan khususnya kebidanan. Penyebab angka kematian ibu dan bayi yang banyak terjadi di negara kita di antaranya disebabkan secara langsung maupun tidak langsung. Penyebab secara langsung dari kematian ibu dan bayi di antaranya ialah berhubungan dengan komplikasi obstetrik yang banyak terjadi selama masa kehamilan, persalinan dan nifas, sedangkan  penyebab tidak langsung dari kematian ibu dan bayi ialah diakibatkan oleh penyakit yang telah di derita oleh ibu ataupun penyakit yang dapat timbul seama kehamilan dan tidak ada hubungannya dengan penyebab komplikasi obstetrik secara langsung. Penyakit tersebut dapat menjadi lebih berat oleh karena adanya kehamilan.

Dapat disimpulkan, ada 5 besar penyebab kematian ibu dan bayi. Kelima penyebab kematian ibu dan bayi tersebut ialah perdarahan, eklampsia, sepsis, infeksi dan gagal paru. Maka untuk mencegah terjadinya penyebab kematian ibu dan bayi tersebut, diperlukan peran nyata dari petugas kesehatan khususnya bidan untuk mendeteksi kejadian ke arah penyakit tersebut.

Pengertian bidan PTT diartikan sebagai seorang bidan yang diangkat oleh pemerintah untuk melaksanakan tugasnya sebagai seorang bidan pada suatu daerah yang telah ditetapkan oleh pemerintah tersebut. Bidan PTT ditempatkan pada suatu wilayah yang membutuhkan peran bidan di dalamnya. Biasanya wilayah tersebut tergolong ke dalam wilayah yang kurang memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan.

Bidan PTT yang ditempatkan pada suatu wilayah guna meningkatkan derajat kesehatan ibu dan bayi di wilayah tersebut biasanya dilakukan oleh bidan desa. Bidan desa ada yang berstatus sebagai bidan PTT ada pula yang berstatus sebagai bidan PTT. Adapun bidan PTT yang diangkat oleh pemerintah ditempatkan di unit kerja pemerintahan seperti di puskesmas dan rumah sakit. Gaji dari bidan PTT tersebut berasal dari APBD atau APBN apabila bidan PTT tersebut diangkat oleh pemerintah pusat.

Jika Anda tertarik menjadi bidan PTT, Anda harus rajin mencari informasi pada bagian kepegawaian dinas kesehatan setempat karena pengadaan dan rekrutmen dilakukan oleh dinas kesehatan setempat. Di sana bagian kepegawaian akan menginformasikan mengenai pengadaan bidan PTT.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: infobidanptt.blogspot.com


space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :