Syarat Masuk Akademi Kebidanan

Syarat masuk akademi kebidanan secara umum harus memenuhi syarat administratif. Syarat administratif tersebut merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang calon mahasiswa kebidanan yang meliputi data diri pribadi, status kesehatan, dan sebagainya. Syarat masuk akademi kebidanan juga bergantung dari institusi kebidanannya. Pada umumnya syarat masuk akademi kebidanan dibedakan menjadi 3 jalur. Jalur yang pertama ialah jalur umum. Jalur yang kedua ialah jalur beasiswa penuh dan jalur yang ketiga ialah jalur PMDP atau program minat dan prestasi.

Syarat masuk akademi kebidanan dari ketiga jalur tersebut apabila dilihat dari persyaratan administratif yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa bidan terdapat sedikit perbedaan. Namun, semua syarat tersebut menggambarkan mengenai data diri calon mahasiswa dan status kesehatan yang dimiliki oleh calon mahasiswa tersebut.


syarat masuk akademi kebidanan
Alat Kebidanan Partus Set


Syarat Masuk Akademi Kebidanan Jalur Umum

Syarat masuk ke kebidanan melalui jalur umum merupakan jalur yang banyak diminati oleh calon mahasiswa kebidanan. Pada jalur umum ini calon mahasiswa kebidanan selain harus memenuhi syarat administratif juga harus lolos seleksi ujian tulis dan tes kesehatan. Syarat administratif yang harus dipenuhi pada jalur umum ini di antaranya ialah fotokopi KTP yang menunjukkan bahwa calon mahasiswa kebidanan  merupakan WNI, membayar sejumlah uang pendaftaran, memiliki tinggi badan minimal 150 cm, memiliki surat keterangan sehat dari dokter yang menyatakan sehat, tidak buta warna, hepatitis negatif, tes kehamilan negatif, dan terbebas dari cacat. Selain itu, calon mahasiswa kebidanan juga harus melampirkan dokumen berupa fotokopi ijazah dan SKHUN SMA atau surat keterangan lulus, pas foto dengan ukuran tertentu, dan surat pernyataan bersedia tidak hamil selama mengikuti masa pendidikan kebidanan.

Melalui jalur umum, calon bidan harus membayar uang pendaftaran ke institusi pendidikan kebidanan yang dituju. Besarnya uang pendaftaran untuk setiap institusi pendidikan tersebut berbeda-beda. Biasanya besarnya uang pendaftaran berkisar antara 100 ribu rupiah sampai dengan 200 ribu rupiah untuk program diploma III Kebidanan. Ukuran pas foto yang diminta setiap institusi pendidikan kebidanan pun berbeda-beda. Namun, pada umumnya ukuran pas foto yang diminta ialah ukuran 4x6 cm dan 3x4 cm.

Syarat Masuk Akademi Kebidanan Jalur Beasiswa Penuh

Jalur beasiswa penuh menjadi jalur favorit yang banyak diminati oleh calon mahasiswa kebidanan. Pasalnya pada jalur ini, mahasiswa yang terseleksi akan mendapatkan beasiswa penuh berupa biaya akademik gratis. Diluar biaya akademik seperti biaya hidup sehari-hari di tanggung oleh mahasiswa tersebut. Adapun syarat yang harus dipenuhi calon mahasiswa kebidanan melalui jalur beasiswa penuh di antaranya ialah rekomendasi dari kepala sekolah, fotokopi KTP dan Kartu Keluarga, fotokopi SKCK atau surat keterangan catatan kepolisian, sertifikat atau piagam penghargaan, selama menempuh pendidikan SMA memiliki nilai rata-rata 80 dari semester pertama sampai kelima, tidak pernah mendapat nilai kurang dari 80 selama SMA, membayar uang pendaftaran, dan syarat lainnya seperti jalur umum.

Syarat Masuk Akademi Kebidanan Jalur PMDP

Program jalur MDP ditujukan bagi siswa SMA yang memiliki kriteria tidak memiliki nilai 50 dari semester 1 sampai dengan semester 5, memiliki nilai minimal 70 untuk semua mata pelajaran, dan syarat lain seperti syarat jalur umum. Pada jalur PMDP ini, calon mahasiswa kebidanan yang terseleksi dapat masuk akademi kebidanan tanpa melalui jalur tes tertulis terlebih dahulu.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: dari berbagai sumber


space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :