Syarat Fisik Menjadi Bidan Profesional

Syarat fisik menjadi bidan yang ditentukan oleh instusi pendidikan kebidanan, sering diukur dari tinggi badan yang dimiliki oleh calon mahasiswa kebidanan. Pada umumnya, setiap institusi pendidikan kebidanan menetapkan batas tinggi badan untuk calon mahasiswa kebidanan lebih dari 150 cm. Hal ini diterapkan agar calon bidan tersebut pada saat menolong persalinan tidak mengalami kesulitan. Terlebih lagi ukuran tinggi dari bed atau tempat tidur untuk bersalin cukup tinggi sehingga untuk menyeimbangkan hal tersebut, ukuran tinggi badan minimal menjadi   seorang bidan ditetapkan 150 cm.

Selain tinggi badan, syarat fisik menjadi calon bidan tidak boleh buta warna. Hal ini merupakan syarat umum menjadi seorang petugas kesehatan karena dalam melakukan pemeriksaan dituntut penglihatan yang normal terlebih lagi saat melakukan pemeriksaan laboratorium yang melibatkan indikator warna sebagai hasil dari pemeriksaan. Misalnya saja untuk pemeriksaan air ketuban yang diperiksa menggunakan kertas lakmus. Hasil dari pemeriksaan air ketuban ini didasarkan pada perubahan warna kertas lakmus yang digunakan sehingga seorang bidan tidak boleh memiliki kelainan pada mata seperti buta warna.


syarat fisik menjadi bidan
Alat Kebidanan Partus Set


Untuk keterangan tidak buta warna biasanya dapat diperoleh di puskesmas atau fasilitas kesehatan yang menyediakan tes buta warna. Surat keterangan tidak buta warna ini menjadi salah satu syarat administratif yang harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa calon bidan. Selain surat keterangan tidak buta warna, surat keterangan sehat pun menjadi salah satu syarat administratif yang harus dipenuhi oleh mahasiswa calon bidan. Sama halnya dengan surat keterangan tidak buta warna, surat keterangan sehat pun dapat diperoleh di puskesmas atau fasilitas kesehatan lain yang menyediakan pemeriksaan kesehatan.

Syarat Fisik Menjadi Bidan Profesional

Syarat fisik menjadi bidan profesional sebenarnya bukan hal yang utama menjadi bidan profesional. Namun, terkadang dalam penerimaan calon mahasiswa bidan sering diterapkan aturan bahwa calon mahasiswa bidan tersebut harus memiliki tinggi badan lebih dari 150 cm, tidak buta warna, dalam keadaan sehat, dan tidak mengonsumsi narkoba. Syarat fisik menjadi bidan tersebut sebenarnya merupakan syarat administratif yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa bidan. Selain itu, ada pula institusi kebidanan yang menerapkan aturan bahwa calon mahasiswa bidan tidak boleh menikah selama masa pendidikan dan tidak boleh hamil. Namun, ada juga yang memperbolehkan calon mahasiswa bidan untuk menikah dan hamil.

Institusi kebidanan negeri biasanya memiliki aturan yang lebih ketat dalam memilih calon mahasiswanya. Hal ini guna memilih bibit unggul dan mendidik mahasiswa tersebut dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Hal tersebut juga ditanamkan demi mencetak lulusan bidan yang profesional.

Syarat fisik menjadi bidan profesional lebih ditekankan dengan tinggi badan yang dimiliki. Tinggi badan minimal 150 cm yang ditetapkan sebagai aturan dalam menerima calon mahasiswa bidan, ada alasannya. Hal ini berkaitan dengan pertolongan persalinan yang menjadi tugas utama dari seorang bidan. Seperti yang sering kita lihat bahwa bed atau tempat tidur bersalin memiliki ukuran yang cukup tinggi sehingga penolong persalinan yaitu bidan harus memiliki tinggi badan yang sesuai dengan bed persalinan tersebut. Tentu saja badan yang tinggi akan mempermudah bidan dalam melakukan pertolongan persalinan pada pasiennya. Hal inilah yang menjadi dasar dalam penetapan seorang bidan harus memiliki tinggi badan minimal 150 cm.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: id.answers.yahoo.com


space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :