Syarat menjadi Bidan

Bidan merupakan profesi yang banyak digemari atau diminati oleh sebagian besar wanita Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sekolah dan lulusan bidan yang dihasilkan. Namun untuk menjadi seorang bidan, ada syaratnya. Syarat menjadi bidan tidaklah mudah. Syarat menjadi bidan yang utama adalah adanya kemauan untuk bekerja keras, cerdas dan ikhlas serta berkeinginan kuat menjadi bidan. Karena pekerjaan bidan ini merupakan suatu pekerjaan yang mulia. Bahkan seorang bidan dalam menolong persalinan, harus siap untuk tidak memikirkan upah yang akan diterimanya. Bidan harus menanamkan pemikiran ikhlas dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya, tentunya setelah melakukan pekerjaan secara maksimal. Selain itu syarat menjadi bidan harus mempunyai keinginan kuat untuk menjadi bidan. Banyak kasus yang telah ditemukan pada dunia nyata, kebanyakan mahasiswa bidan saat menempuh pendidikan mengakui bahwa keinginan untuk menjadi bidan bukan berasal dari dirinya sendiri, melainkan keinginan dari pihak lain seperti orang tua. Hasilnya, banyak mahasiswa bidan yang tidak berhasil untuk lulus pendidikan kebidanan. Kebanyakan mereka berhenti putus kuliah di tengah jalan. Untuk itu keinginan diri sendiri untuk menjadi bidan dapat menjadi dasar syarat menjadi bidan.

Syarat menjadi bidan yang selanjutnya adalah menempuh pendidikan kebidanan selama kurang lebih 3 tahun. Pada saat akan menempuh pendidikan kebidanan, biasanya calon mahasiswa harus mengikuti tes seleksi masuk pendidikan kebidanan. Calon mahasiswa dapat berasal dari SMA IPA ataupun IPS. Untuk calon mahasiswa yang berasal dari SMA IPS, apabila telah lulus mengikuti tes masuk pendidikan bidan, biasanya diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi. Matrikulasi ini diadakan untuk mempersamakan persepsi atau mengenalkan pelajaran yang berkaitan dengan kebidanan yang seharusnya didapatkan pada saat menempuh pendidikan SMA dahulu. Namun untuk jurusan IPA tidak dilakukan matrikulasi karena mereka sudah mendapatkan pelajaran yang berkaitan dengan kebidanan dasar. Syarat menjadi bidan untuk masuk pendidikan bidan juga dipengaruhi dari kebijakan institusi pendidikan bidan itu sendiri. Ada yang menerapkan penerimaan calon mahasiswa bidan dari seleksi ujian masuk perguruan tinggi negri ataupun seleksi secara mandiri yang digelar oleh masing-masing institusi.


syarat menjadi bidan
Alat Kebidanan Gunting Tali Pusat


Syarat menjadi bidan selanjutnya adalah mempunyai karakter yang baik. Karakter yang baik sebenarnya merupakan modal untuk masa depan bidan. Seorang bidan dituntut untuk memberikan pelayanan yang ramah pada pasien. Dahulu sering terkenal bidan dengan sebutan ‘bidan jutek’. Itu merupakan hal yang tidak baik, karena selain dapat mencemari nama baik profesi bidan juga dapat membawa kerugian bagi bidan itu sendiri. Bidan yang tidak ramah dapat dijauhi oleh pasiennya. Akibatnya pengunjung ke pelayanan bidan tersebut akan berkurang dan secara otomatis pendapatan bidan tersebut akan berkurang juga.

Syarat menjadi Bidan Delima

Bidan delima merupakan suatu bentuk pelayanan bidan yang berkualitas. Bidan delima ini merupakan pengembangan dari bidan praktek swasta atau mandiri. Apabila sudah terdapat bidan praktek swasta, maka untuk menjadikannya bidan delima sangatlah mudah. Syarat menjadi bidan delima yang harus dipenuhi oleh bidan adalah :
  1. Memiliki keterampilan yang sesuai dengan standar untuk setiap jenis pelayanan yang diberikan berdasarkan ilmu pengetahuan dan kepatuhan terhadap kode etik
  2. Memiliki pengetahuan yang senantiasa mutakhir
  3. Berperilaku positif dan peduli terhadap kepentingan pelanggan
  4. Penampilan/kinerja bidan delima yang menyejukan dan menyenangkan
  5. Tempat dan peralatan praktek yang terstandar, memiliki alat bantu komunikasi seperti poster, signage, leaflet.


Oleh : Bidan Rina Widyawati
Sumber :
  • Buku Konsep Kebidanan



space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :