Prinsip Pengembangan Karir Bidan

Pada dasarnya prinsip pengembangan karir bidan dipengaruhi oleh perkembangan zaman, kebutuhan masyarakat dan peraturan pemerintah. Prinsip pengembanagan karir bidan berkaitan dengan pendidikan berkelanjutan, job fungsional, dan prinsip pengembangan karir bidan ini juga dikaitkan dengan peran, fungsi dan tanggung jawab bidan itu sendiri. Yang melatar belakangi adanya prinsip pengembangan karir bidan diantaranya adalah antisipasi tingkat kebutuhan masyarakat terhadap mutu pelayanan kebidanan, perubahan-perubahan yang cepat dalam pemerintahan maupun masyarakat, perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), dan persaingan dipasar global. Latar belakang tersebut yang menuntut adanya prinsip pengembangan karir bidan agar dapat menciptakan tenaga bidan yang berkualitas.


Prinsip pengembangan karir bidan berhubungan dengan pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap profesinalisme bidan. IBI (Ikatan Bidan Indonesia) bertanggung jawab mendorong tumbuhnya sikap profesionalisme bidan melalui kerja sama dengan berbagai pihak dan turut berperan aktif dalam upaya yang diprogramkan pemerintah baik tingkat pusat, daerah sampai ranting. Keterlibatan diupayakan untuk meningkatkan kualitas hidup anak bangsa dan kualitas bidan sebagai pelayan masyarakat khususnya KIA dalam siklus kehidupannya. Untuk itu pendidikan bidan seyogyanya dirancang dengan memperhatikan faktor-faktor yang mendukung keberadaan bidan ditengah-tengah kehidupan masyarakat, berkesinambungan, berjenjang dan berlanjut sesuai dengan prinsip belajar seumur hidup bagi bidan yang mengabdi ditengah-tengah masyarakat. Pendidikan berkelanjutan ini bertujuan untuk mempertahankan profesionalisme bidan baik melalui pendidikan formal maupun non formal.



Jumlah anggota IBI yang cukup besar, diasumsikan ± 32 tahun baru seluruh anggota IBI dapat mengikuti pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Kesepakatan antara IBI dan pemerintah bahwa masa transisi melalui pendidikan formal akan berlangsung 10 tahun (2010). IBI bersama pemerintah (Depkes & kesos dan Depdiknas) mencoba cari jalan keluar melalui suatu prinsip pengembangan karir bidan dan pendidikan yang mengakui berbagai pengalaman bidan dalam melayani masyarakat. Pengakuan atau penghargaan terhadap pengalaman bidan (Recognition of Prior Learning) ini diharapkan akan dapat lebih mempercepat upaya peningkatan kualitas bidan melalui pendidikan formal tanpa mengabaikan apa yang telah dimiliki oleh bidan.

Salah satu prinsip pengembangan karir bidan adalah pendidikan berkelanjutan untuk bidan. Pendidikan berkelanjutan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, hubungan antar manusia dan moral bidan sesuai dengan kebutuhan pekerjaaan atau pelayanan dan standar yang telah ditentukan oleh konsil melalui pendidikan formal dan nonformal. Prinsip pengembangan karir bidan ini menggambarkan perjalanan pekerjaan seseorang dalam organisasi sejak diterima dan berakhir pada saat tidak lagi bekerja diorganisasi tersebut. Prinsip pengembangan karir bidan ini penting untuk dibuat agar bidan dapat mendapatkan persyaratan menempati posisi atau jabatan tertentu dan mengusahakan pengembangan karir karena tidak otomatis tercapai, tergantung pada lowongan atau jabatan, keputusan dan tergantung presensi pimpinan.

Prinsip Pengembangan Karir Bidan melalui Pendidikan Formal

Prinsip pengembangan karir bidan melalui pendidikan formal yang telah dirancang & diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta dengan dukungan IBI meliputi :
  1. Program D III,D IV, S1 & S2 Kebidanan
  2. Pengiriman tugas belajar keluar negeri
  3. Mengupayakan adanya badan swasta dalam dan luar negeri untuk meningkatkan pendidikan bidan dalam dan luar negeri khusus untuk program jangka pendek
  4. Disamping itu IBI tetap mendorong anggotanya untuk meningkatkan pendidikan melalui kerjasama dengan universitas didalam negeri.

Prinsip Pengembangan Karir Bidan melalui Pendidikan Non Formal

Prinsip pengembangan karir bidan melalui pendidikan non formal dilaksanakan melalui program pelatihan, magang, seminar/lokakarya, kerjasama IBI dengan lembaga internasional diberbagai propinsi dan program mentorship dimana bidan senior membimbing bidan junior dalam konteks profesionalisme bidan. 




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • Buku Konsep Kebidanan



space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :