Praktek Bidan / Bidan Praktik Swasta (Bidan Praktik Mandiri)

Praktek bidan atau bidan praktik swasta atau bidan praktik mandiri adalah suatu institusi pelayanan kesehatan secara mandiri yang memberi asuhan dalam lingkup praktek bidan. Dalam pemberian pelayanan kebidanan, praktek bidan tersebut menggunakan sistem pendokumentasian atau rekam medis untuk mempermudah administrasi. Praktek bidan adalah penerapan ilmu kebidanan dalam memberi pelayanan atau asuhan kebidanan kepada klien dengan pendekatan manajemen kebidanan. Praktek bidan didirikan oleh perorangan, arinya setiap bidan dapat mendirikan praktek bidan asalkan memenuhi syarat-syarat dalam mendirikan praktek bidan.


praktek bidan
Alat Kebidanan Kateter Metal

Syarat untuk membuat praktek bidan

Adapun syarat-syarat yang pada umumnya harus dipenuhi untuk membuat praktek bidan diantaranya :

 1. Bidan dalam menjalankan praktek bidan harus :
  • Memiliki tempat dan ruangan praktek yang memenuhi persyaratan kesehatan
  • Menyediakan tempat tidur untuk persalianan 1 (satu) maksimal 5 (lima) tempat tidur
  • Memiliki peralatan minimal sesuai dengan ketentuan dan melaksanakan prosedurnya tetap (protap) yang berlaku
  • Menyediakan obat-obatan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlalu.
2. Bidan yang menjalankan praktek harus mencantumkan surat izin praktek bidannya atau fotocopy izin praktek bidannya atau fotocopy izin prakteknya diruang praktek atau tempat yang mudah dilihat. 

3. Bidan dalam prakteknya menyediakan lebih dari 5 tempat tidur harus memperkerjakan tenaga bidan yang lain memiliki SIPB untuk membantu tugas pelayanannya

4. Bidan yang menjalankan praktek harus mempunyai peralatan minimal sesuatu dengan ketentuan yang berlalu dan harus tersedia tempat prakteknya

5. Peralatan yang wajib dimiliki dalam menjalankan praktek bidan sesuai dengan jenis pelayanan yang diberikan 6. Dalam menjalankan tugas bidan haru senantiasa mempertahankan dan meningkatkan keterampilan prosesnya antara lain dengan :
  • Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan atau saling tukar informasi dengan sesama bidan
  • Mengikuti kegiatan akademis dan pelatihan sesuai dengan bidang tugasnya baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun oleh organisasi prosesi
  • Memelihara dan merawat peralatan yang digunakan untuk praktek agar tetap siap dan berfungsi dengan baik.

Sasaran Praktek Bidan

Pengguna layanan jasa praktek bidan adalah ibu hamil, anak balita, wanita usia subur, pasangan usia subur dan wanita-wanita yang mengalami masa menopause. Layanan yang paling sering dibutuhkan adalah partus atau persalinan. Bayi dan balita yang membutuhkan imunisasi juga bisa menjadi konsumen jasa bidan mandiri. Ibu hamil biasa memeriksakan kesehatan kandungannya, ibu melahirkan bayinya dengan bantuan bidan, hingga para ibu yang ingin mengimunisasikan bayi mereka ataupun para ibu yang ingin mengikuti program KB.

Strategi Pemasaran Praktek Bidan


Produk yang dipasarkan adalah berupa jasa pelayanan dibidang kebidanan atau praktek bidan yang meliputi pelayanan pemeriksaan hamil, bersalin, nifas (setelah melahirkan), bayi, balita dan keluarga berencana (KB). Strategi pemasaran yang dilakukan dapat melalui mulut ke mulut.

Strategi yang ditempuh untuk dapat menarik perhatian klien adalah dengan menjadi bidan yang professional, efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan, ramah, cepat tanggap terhadap keadaan klien, tidak membeda – bedakan pasien, meningkatkan keterampilan agar dapat memberikan pelayanan praktek bidan yang bermutu tinggi serta menjalin kerja sama dengan rumah sakit atau klinik untuk mempercepat penanganan bila terjadi kegawatdaruratan. Biaya pelayanan praktek bidan yang terjangkau juga merupakan salah satu strategi pemasaran.

Dengan fasilitas pelayanan yang memadai dan keramahtamahan petugas dalam memberikan pelayanan praktek bidan kepada pasien, maka akan membuat pasien merasa nyaman dan puas dengan pelayanan praktek bidan yang diberikan. Disini juga disediakan kotak saran tertulis jika pasien ingin menyampaikan keluhan terkait pelayanan praktek bidan.



Oleh : Bidan Rina Widyawati
Sumber :
  • Buku Konsep Kebidanan
  • Buku Kebidanan Komunitas



space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :