Patient Safety

Patient Safety atau keselamatan pasien adalah suatu sistem yang membuat asuhan pasien di rumah sakit menjadi lebih aman. Sistem ini mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. Keselamatan pasien merupakan isu utama akhir-akhir ini baik di Indonesia maupun di luar negeri. Kepedulian pengambil kebijakan, manajemen dan praktisi klinis terhadap keselamatan pasien. Berbagai seminar, workshop, dan pelatihan banyak diadakan; patient safety, risk management, clinical audit, patient safety indicators – dengan brbagai motif. Studi 1999 di Jawa tengah dan daerah istimewa Yogyakarta (DIY) menunjukkan prevalensi error berspektrum cukup luas: 1,8% – 88,9%. Hal ini terjadi terutama pada medication (pengobatan).


patient safety

Alat Kebidanan Gunting Episotomi


Patient Safety

Hampir setiap tindakan medis menyimpan potensi resiko. Banyaknya jenis obat, jenis pemeriksaan dan prosedur, serta jumlah pasien dan staf Rumah Sakit yang cukup besar, merupakan hal yang potensial bagi terjadinya kesalahan medis (medical errors). Menurut Institute of Medicine (1999), medical error didefinisikan sebagai: The failure of a planned action to be completed as intended (i.e., error of execusion) or the use of a wrong plan to achieve an aim (i.e., error of planning). Artinya kesalahan medis didefinisikan sebagai: suatu kegagalan tindakan medis yang telah direncanakan untuk diselesaikan tidak seperti yang diharapkan (yaitu, kesalahan tindakan) atau perencanaan yang salah untuk mencapai suatu tujuan (yaitu, kesalahan perencanaan). Kesalahan yang terjadi dalam proses asuhan medis ini akan mengakibatkan atau berpotensi mengakibatkan cedera pada pasien, bisa berupa Near Miss atau Adverse Event (Kejadian Tidak Diharapkan/KTD).

Pasien safety harus dijaga oleh semua petugas kesehatan. Selain itu dengan menjaga pasien safety dari setiap pasien maka petugas kesehatan dapat terhindar dari gugatan hukum seperti malpraktek. Malpraktek adalah tindakan profesional yang tidak benar atau kegagalan untuk menerapkan keterampilan profesional yang tepat oleh profesional kesehatan seperti dokter, ahli terapi fisik, atau rumah sakit. Malpraktik mengharuskan pasien membuktikan adanya cedera dan bahwa hal itu adalah hasil dari kelalaian oleh profesional kesehatan. Apabila malpraktek ini terjadi di suatu pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, maka dampak yang akan terjadi antara lain dokter dan Rumah Sakit akan kehilangan kepercayaan dari masyarakat yang menyebabkan dokter dan pengelola rumah sakit dapat mengalami penurunan pendapatan akibat murunnya jumlah kunjungan pasien pada rumah sakit tersebut.

Pengertian Pasien Safety

Keselamatan dan kesehatan kerja adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmaniah maupun rohaniah tenaga kerja pada khususnya, dan manusia pada umumnya, hasil karya dan budaya untuk menuju masyarakat  yang adil dan makmur. Menurut Suma’mur (2001), keselamatan kerja merupakan rangkaian usaha untuk menciptakan suasana kerja yang aman dan tentram bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Keselamatan pasien di RS adalah suatu sistem yang mendorong RS agar melakukan asuhan pasien yang ‘aman’ (selamat dan sehat). Pelaksanaan Patient Safety ini dilakukan dengan system Pencacatan dan Pelaporan serta Monitoring dan Evaluasi.

Sembilan solusi keselamatan pasien di RS (WHO Collaborating Centre for Patient  Safety, 2 May 2007), yaitu:
  1. Perhatikan nama obat, rupa dan ucapan mirip (look-alike, sound-alike medication   names)
  2. Pastikan identifikasi pasien
  3. Komunikasi secara benar saat serah terima pasien
  4. Pastikan tindakan yang benar pada sisi tubuh yang benar
  5. Kendalikan cairan elektrolit pekat
  6. Pastikan akurasi pemberian obat pada pengalihan pelayanan
  7. Hindari salah kateter dan salah sambung slang
  8. Gunakan alat injeksi sekali pakai
  9. Tingkatkan kebersihan tangan untuk pencegahan infeksi nosokomial.


Oleh : Bidan Rina Widyawati
Sumber :
  • kamuskesehatan.com 
  • academia.edu



space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :