Bidan Praktek Swasta

Bidan praktek swasta kini dikenal dengan bidan praktek mandiri. Bidan praktek swasta didirikan oleh bidan perorangan. Untuk membuat bidan praktek swasta perlu dipersiapkan beberapa hal, diantaranya adalah perencanaan mengenai tempat bidan praktek swasta itu akan didirikan. Yang melatarbelakangi adannya bidan praktek swasta adalah Kematian ibu dan bayi baru lahir mencerminkan kualitas pelayanan kesehatan di bidang obstetric belum baik. Angka kematian ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan tolak ukur yang sensitif untuk melihat keberhasilan pelayanan kesehatan, khususnya ibu dan anak. Keselamatan dan kesejahteraan ibu dan anak secara menyeluruh merupakan perhatian yang paling utama bagi bidan. Kualitas manusia, diantaranya ditentukan oleh keturunan. Manusia yang sehat dilahirkan oleh ibu yang sehat. Masalah kesehatan bayi dimulai sejak terjadi konsepsi bayi. Balita yang sehat akan menjadi modal utama dalam pembentukan generasi yang kuat, berkualitas dan produktif di masa yang akan datang. Ibu sebagai individu juga memberi kontribusi yang penting bagi kesehatan dan kesejahteraan keluarga di masyarakat. Penurunan angka kematian ibu, bayi dan balita merupakan indikator keberhasilan pelayanan kesehatan.


bidan praktek swasta
Alat Kebidanan Gunting Tali Pusat

Bidan Praktek Swasta

Bidan sebagai salah satu ujung tombak pemberian pelayanan kesehatan khususnya kebidanan terhadap masyarakat, juga senantiasa berupaya untuk terus meningkatkan mutu pelayanannya. Pelayanan kebidanan adalah bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bidan yang telah terdaftar, yang dapat dilakukan secara mandiri, kolaborasi, atau rujukan. Salah satu bentuk dari pelayanan kebidanan mandiri yaitu dengan membuka praktik mandiri di rumah yang biasa disebut dengan Bidan Praktek Mandiri (BPM) atau Bidan Praktek Swasta (BPS).

Dalam membuat bidan praktek swasta, pertama-tama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan tempat praktek dan peralatannya. Peralatan yang harus disiapkan untuk bidan praktek swasta setiap daerah memiliki standar yang berbeda. Namun pada umumnya peralatan yang harus disiapkan untuk membuat bidan praktek swasta adalah tensimeter, stetoskop bioculer, stetoskop monoculer, timbangan dewasa, timbangan bayi, pengukur panjang bayi, termometer, oksigen dengan regulator, amubag dengan masker resusitasi, penghisap lendir, lampu/sorot, penghitung nadi, sterilisator, bak instrumen dengan tutup, reflex hammer, alat pemeriksaan hb sahli, set pemeriksaan urine (protein+reduksi), pita pengukur, plastik penutup instrument steril, sarung tangan karet untuk mencuci alat, apron/celemek, masker, pengaman mata, sarung  kaki plastik, infuse set, standard infus, semprit disposable, tempat kotoran/sampah, tempat kain kotor, tempat plasenta/pot, piala ginjal/bengkok besar kecil, sikat, sabun ditempatnya, kertas lakmus, vacumekstraktor set, semprit glyserin, gunting perban, kain pengukur darah, stapel lidah, IUD kit, implant  kit, geregaji obat, handuk bayi, topi bayi, selimut bayi, klem pean, ½ koher, korentang, gunting tali pusat, gunting benang, gunting episiotomi, kateter karet/metal, pincet anatomi pendek dan panjang, tenacukum/kochel tang, pincet chirurgic, speculum vagina, mangkok metal kecil, pengikat tali pusat, penghisap lender, tampon tang dan tampon vagina, pemegang jarum, jarum otot dan jarum kulit, sarung tangan, benang sutra+catgut, doek steril dan lain sebagainya.

Pelayanan yang Diberikan Bidan Praktek Swasta

Pelayanan yang diberikan oleh bidan praktek swasta merupakan pelayanan yang meliputi pemberian pengetahuan umum, keterampilan dan perilaku yang berhubungan dengan ilmu-ilmu sosial, kesehatan masyarakat dan profesi kesehatan; pra konsepsi, keluarga berencana dan ginekologi; asuhan konseling selama kehamilan; asuhan selama persalinan dan pelahiran; asuhan pada ibu nifas dan menyusui; asuhan pada bayi baru lahir; asuhan pada bayi dan balita; dan asuhan pada wanita/ibu dengan gangguan sistem reproduksi. Keseluruhan asuhan tersebut merupakan pelayanan yang diberikan oleh bidan praktek swasta. 




Oleh : Bidan Rina Widyawati
Sumber :
  • Permenkes 1464 tahun 2010



space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :