Bidan Desa

Bidan desa merupakan bidan yang ditempatkan, diwajibkan tinggal serta bertugas melayani masyarakat di wilayah kerjanya, yang meliputi satu atau dua desa yang dalam melaksanakan tugas pelayanan medik baik di dalam maupun di luar jam kerjanya bertanggung jawab langsung kepada kepala Puskesmas dan bekerja sama dengan perangkat desa dalam meningkatkan sehatan ibu dan anak. Bidan desa merupakan nama lain dari bidan komunitas. Bidan desa ini merupakan suatu program yang diadakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak khususnya pada daerah yang sulit untuk mengakses pelayanan kebidanan.

Bidan desa ditempatkan pada sebuah desa untuk mengelola kesehatan ibu dan anak pada desa tersebut. Tujuan penempatan bidan desa secara umum adalah meningkatkan mutu dan pemerataan pelayanan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu, anak balita, dan menurunkan angka kelahiran serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Secara khusus tujuan penempatan bidan di desa adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat; meningkatnya cakupan pelayanan kesehatan, meningkatnya mutu pelayanan ibu hamil, pertolongan persalinan ,perawatan nifas dan perinatal, serta pelayanaa kontrasepsi; menurunnya jumlah kasus-kasus yang berkaitan penyulit kehamilan, persalinan, dan perinatal; menurunnya jumlah balita yang menderita gizi buruk dan diare; meningkatnya kemampuan keluarga untuk hidup sehat dengan membantu pembinaan kesehatan masyarakat; dan meningkatnya peran serta masyarakat melalui pendekatan PKMD termasuk gerakan dana sehat.


bidan desa
Alat Kebidanan Setengah Kocher

Bentuk Pelayanan Bidan Desa

Pelayanan kesehatan yang terdapat dalam masyarakat secara umum dapat dibedakan atas tiga macam, yaitu :
  • Pelayanan kesehatan tingkat I. Pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan pelayanan yang bersifat dasar.
  • Pelayanan kesehatan tingkat II. Pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan pelayanan spesialis atau bahkan kadang-kadang pelayanan subspesialisi tetapi terbatas.
  • Pelayanan kesehatan tingkat III. Pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan pelayanan spesialis dan subspesialisi.
Dari ketiga  klasifikasi di atas, dapat diketahui bahwa pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh bidan desa lebih cenderung dalam pelayanan tingkat dasar pertama atau pelayanan kesehatan tingkat I. Selain membantu penurunan angka kematian dan peningkatan kesehatan ibu dan anak termasuk keluarga berencana, bidan desa juga membantu memberikan pengobatan pertama pada masyarakat yang membutuhkan sebelum mendapatkan pertolongan yang lebih efisien di rumah sakit sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Tugas Pokok Bidan Desa

  • Melakukan pelayanan kesehatan, khususnya kesehatan ibu dan anak di desa wilayah kerjanya berdasarkan urutan prioritas masalah kesehatan yang dihadapi sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.
  • Menggerakkan dam membina masyarakat desa di wilayah kerjanya agar memiliki kesadaran berperilaku hidup bersih dan sehat

Wewenang Bidan Desa

Wewenang bidan desa sama dengan wewenang yang diberikan kepada bidan lainnya. Wewenang bidan desa ini diatur dalam peraturan Menteri Kesehatan. Wewenang tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Wewenang umum. Kewenangan yang diberikan untuk melaksanakan tugas yang dapat dipertanggungjawabkan secara mandiri.
  2. Wewenang khusus. Wewenang khusus adalah wewenang untuk melaksanakan kegiatan yang memerlukan pengawasan dokter. Tanggung jawab pelaksanaannya berada pada dokter yang diberikan wewenang tersebut.
  3. Wewenang pada keadaan darurat. Bidan diberikan wewenang melakukan pertolongan pertama untuk menyelamatkan penderita atas tanggung jawabnya sebagai insane profesi. Segera setelah melakukan tindakan darurat tersebut,bidan diwajibkan membuat laporan ke Puskesmas di wilayah kerjanya.
  4. Wewenang tambahan. Bidan dapat diberi wewenang tambahan oleh atasannya dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat lainnya sesuai dengan program pemerintah,pendidikan dan pelatihan yang diterimanya.



Oleh : Bidan Rina Widyawati
Sumber :
  • Buku Kebidanan Komunitas



space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :