Bidan Adalah

Bidan adalah seorang petugas kesehatan atau paramedis yang bertugas dalam bidang kesehatan ibu dan anak. Bidan adalah perempuan yang telah diberikan keterampilan dalam bidang kebidanan yang telah lulus dan dibuktikan dengan ijazah. Bidan adalah seseorang yang telah menyelesaikan program Pendidikan Bidan yang diakui oleh negara serta memperoleh kualifikasi dan diberi izin untuk menjalankan praktik kebidanan di negeri itu. Di Indonesia bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan yang diakui pemerintah danorganisasi profesi di wilayah negara republik Indonesia serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk diregister, sertifikasi dan atau secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan.

Bidan dalam menjalankan menjalankan praktiknya harus berpegang teguh pada filosofi, etika profesi dan aspek legal lainnya yang berlaku. Bidan adalah tenaga professional yang mempunyai bertanggung-jawab dan akuntabilitas, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi. Bidan adalah pemberi asuhan yang mencakup upaya pencegahan, promosi persalinan normal, deteksi komplikasi pada ibu dan anak, dan akses bantuan medis atau bantuan lain yang sesuai, serta melaksanakan tindakan kegawat-daruratan.


bidan adalah
 Alat Kebidanan Gunting Tali Pusat


Bidan adalah pelaksanan tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tidak hanya kepada perempuan, tetapi juga kepada keluarga dan masyarakat. Tugas ini harus mencakup pendidikan kehamilan dan persiapan menjadi orang tua serta dapat meluas pada kesehatan perempuan, kesehatan seksual atau kesehatan reproduksi dan asuhan anak.
Bidan adalah pemberi pelayanan di berbagai tatanan pelayanan, termasuk di rumah, masyarakat, Rumah Sakit, klinik atau unit kesehatan lainnya. Bidan adalah petugas kesehatan yang berperan sebagai pelaksana atau pemberi asuhan, pengelola atau manajer dalam pemberian asuhan, pendidik terhadap klien, dan peneliti terhadap suatu masalah yang berkaitan dengan bidang kebidanan.

Bidan Adalah Ujung Tombak Kesehatan Masyarakat

Bidan adalah ujung tombak kesehatan masyarakat, terutama masyarakat di daerah pedesaan. Dengan adanya program bidan desa, menjadikan bidan sebagai satu-satunya petugas kesehatan yang bertanggung jawab penuh terhadap kesehatan masyarakat desa tersebut. Disana bidan adalah kunci dari kesehatan masyarakat terutama kesehatan ibu dan anak. Melalui peningkatan kesehatan ibu dan anak secara otomatis dapat meningkatkan pula kesehatan masyarakat desa tersebut. Untuk itu, bidan harus dapat mengatasi masalah kesehatan yang ada dalam masyarakat desa tersebut. 

Bidan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang prima. Selain itu bidan juga dituntut untuk dapat memberikan upaya promotif, preventif, kuratif bahkan rehabilitatif dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di suatu desa. Bidan adalah pemberi pelayanan kesehatan ibu dan anak yang dalam tugasnya secara tidak langsung dapat berpengaruh dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pelayanan dalam meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak yang dapat diberikan oleh bidan adalah pelayanan pra kehamilan/kontrasepsi, pelayanan pada masa kehamilan, pelayanan pada masa persalinan, pelayanan pada masa nifas, pelayanan tumbuh kembang anak dan imunisasi, serta pelayanan kesehatan reproduksi baik untuk ibu maupun remaja.

Bidan adalah ujung tombak derajat kesehatan suatu masyarakat, terutama bagi bidan desa. Bidan desa mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat desanya. Bidan desa mempunyai tugas untuk memberikan bimbingan, asuhan dan nasehat kepada remaja (calon ibu), ibu hamil termasuk ibu hamil dengan resiko tinggi, ibu melahirkan, ibu nifas, ibu menyusui serta ibu dalam masa klimak terium dan menopause; menolong ibu yang melahirkan dan memberi asuhan terhadap bayi dan anak- anak prasekolah; memberikan pelayanan keluarga berencana dalam rangka mewujudkan keluarga kecil, sehat dan sejahtera; melakukan tindakan pencegahan dan deteksi terhadap kondisi ibu dan anak balita yang kesehatannya terganggu, serta memberi bantuan pengobatan sebagai pertolongan pertama sebelum tindakan medis lanjutan dilakukan; melakukan penyuluhan kesehatan khususnya mengenai kehamilan, praperkawinan, penyakit kandungan yang terkait dengan kehamilan, dan keluarga berencana, kesehatan terhadap anak- anak, gizi dan kesehatan lingkungan keluarga; membimbing dan melatih calon bidan, dukun dan kader kesehatan di dalam ruang lingkup pelayanan kebidanan; Mengkaji kegiatan pelayanan/ asuhan kebidanan yang dilakukan untuk perbaikan dan peningkatan; memotivasi dan menggerakkan masyarakat terutama kaum wanita dalam rangka mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.





Oleh : Bidan Rina Widyawati
Sumber :

  • Buku Konsep Kebidanan 
  • wikipedia.com



space iklan


Terima kasih untuk Like/comment FB :